Caleg DPR RI Partai Perindo Dapil Kalsel 1 ini Seorang Dosen, Aktivis dan Advokat

Print Friendly, PDF & Email


Habib Aspihani Ideris Assegaf Caleg DPR-RI Partai Perindo Dapil Kalsel 1 (foto istimewa)

Tekad dan keinginan saya akan semaksimal mungkin berjuang untuk memenangkan Partai Perindo di Kalimantan Selatan pada kompetisi pemilu 2024 mendatang ini, yang jelas saya harus berusaha guna mendapatkan kursi di DPR-RI khususnya dan DPRD di Kalimantan Selatan pada umumnya untuk kawan-kawan seperjuangan. Urusan menang kalah itu urusan belakangan, bagi saya kemauan untuk berjuang itu yang harus ditonjolkan,” tegas Aspihani.

suarakalimantan.com; Banjarmasin – PEMILIHAN Umum (Pemilu) tahun 2024 bakal dilaksanakan sudah tidak kurang dari tujuh bulan lagi, dimana partai politik menerjunkan jagoannya untuk meraih suara dalam kompetisi pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang ini. Tidak ketinggalan juga partai besutan Hary Tanoesoedibjo dan di ketua harian Tuan Guru Bajang (TGB) atau K.H. Muhammad Zainul Majdi, Lc., M.A. seorang ulama dan politisi Indonesia yang pernah menjabat sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat selama dua periode masa jabatan.

Untuk di Kalimantan Selatan sendiri, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang bernomor 16 tersebut menjagokan HABIB ASPIHANI IDERIS, S.AP, SH, MH untuk ikut berlaga di Pemilu 2024 mendatang dan menempatkannya pada daerah pemilihan Kalsel 1 dengan Nomor Urut 1.

Diketahui dapil Kalsel 1 merupakan dapil yang para Caleg Nya sebagian besar berasal dari Caleg patahana. Terpantau di Dapil Kalsel 1 Caleg DPR-RI incumbent yang akan bertarung di pemilihan legeslatif 2024 memperebutkan 6 (enam) kursi menuju Senayan di antaranya, Drs. H. SAIFUL RASYID, M.M. (Gerindra), Drs. H. BAMBANG HERI PURNAMA, S.T., S.H., M.H. (Golkar), HABIB ABOE BAKAR ALHABSYI, S.E. (PKS), H. SYAIFULLAH TAMLIHA, S.Pi., M.S. (PPP), PANGERAN KHAIRUL SALEH (PAN) dan H.M. RIFQINIZAMI KARSAYUDA, S.H., M.H. (PDI-P).

Walaupun untuk Dapil Kalsel 1 di katakan sebagai daerah pemilihan neraka, Aspihani Ideris malah senang dan dia merasa sebuah tantangan guna mencapai sebuah tujuan.

Baca Juga:  Malas Nya Pengusaha Sarang Burung Walet Dalam Pertemuan dengan Pihak Pemko Banjarmasin

“Tekad dan keinginan saya akan semaksimal mungkin berjuang untuk memenangkan Partai Perindo di Kalimantan Selatan pada kompetisi pemilu 2024 mendatang ini, yang jelas saya harus berusaha guna mendapatkan kursi di DPR-RI khususnya dan di DPRD Kalimantan Selatan untuk kawan-kawan seperjuangan. Urusan menang kalah itu urusan belakangan, bagi saya kemauan untuk berjuang itu yang harus ditonjolkan,” tegasnya

Apakah target dan misi utama anda, sehingga mencalonkan diri sebagai Caleg DPR-RI?

“Kalau saya boleh jujur, kenapa dan mengapa kita ingin bacaleg di DPR-RI ini, target dan misi utama kita adalah untuk memperjuangkan ‘Gambut Raya’ menjadi sebuah kabupaten,” ucap Aspihani kepada sejumlah wartawan, Sabtu kemarin (26/8/2023).

Menurut tokoh pergerakan di Kalimantan Selatan ini, mencaleg di DPR-RI merupakan puncak perjuangan Gambut Raya guna dapat terbentuk sebagai kabupaten.

“Perjuangan kita berjalan sudah cukup lama, karena sejak tahun 1998 kita perjuangkan pembentukan ‘Gambut Raya’ ini, artinya sudah berjalan 25 tahunan dan pintu akhir gerakan perjuangan kita adanya di Senayan DPR RI sana” ungkap laki-laki kelahiran Desa Gudang Hirang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar (Kalsel), 23 Januari 1975 ini.

Kita sudah minta bantu kawan-kawan di DPR-RI asal dapil Kalsel 1, namun belum begitu terlihat gerakannya, kata Aspihani yang dikenal seorang aktivis pergerakan di Kalimantan Selatan.

“Hasil pertemuan beberapa kali dengan panitia Gambut Raya, disana kami bersepakat bahwasanya harus ada dari panitia pemekaran Gambut Raya yang harus mencalonkan diri di DPR-RI. Disanalah awalnya saya diminta untuk ikut dalam kompetisi pemilu 2024 mendatang ini. Ya kita bertawakal lah, mudahan di permudah dan terpilih untuk perjuangan pembentukan daerah otonom baru ini ” pungkas Dosen Fakultas Hukum UNISKA ini.

Ketua Umum organisasi advokat tingkat nasional ini menegaskan, dirinya lewat partai Perindo siap untuk ikut dalam berkompetisi pada pemilihan umum 2024 mendatang ini.

Baca Juga:  Pemko Banjarmasin Segera Bebaskan Lahan Bantaran RK Ilir dan Teluk Kelayan

Daftar Calon Anggota DPR-RI dari Partai Perindo untuk daerah pemilihan Kalimantan Selatan (KALSEL) 1, yaitu :

1. HABIB ASPIHANI IDERIS, S.AP., S.H., M.H.

2. ANJAR SUSANTO, S.Sos.

3. LIKNA ANGGRAINI

4. GAJALI RAHMAN

5. YULITA INTAN SARI

6. MISLAWATI, S.H.

Daerah pemilihan Kalsel 1 meliputi 8 (delapan) kabupaten, yaitu Kabupaten Banjar, Barito Kuala (Batola), Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Sementara di lain sisi, ketika awak media menemui Ketua Pelaksana Harian Panitia Penuntut Pemekaran Kabupaten Gambut Raya Dr. MS. Shiddiq, S.Ag, M.Si, PhD membenarkan, Aspihani Ideris maju sebagai calon legeslatif pusat dikarenakan untuk memaksimalkan perjuangan pembentukan daerah otonom baru berupa Kabupaten Gambut Raya.

“Insya Allah dalam waktu dekat ini pemenuhan syarat sebagaimana amanah Pasal 37 UU No. 23 tahun 2014 sudah rampung, tinggal pengajuan saja ke eksekutif dan legeslatif. Kamipun sudah bertemu beberapa wakil rakyat di DPR RI hasil dapil Kalsel 1, namun mereka belum merespons positif tentang perjuangan pembentukan kabupaten Gambut Raya ini, dari itu kami bersepakat harus ada wakil kita di DPR RI guna maksimalnya sebuah perjuangan untuk mencapai terbentuknya kabupaten Gambut Raya. mengenai kesiapan dan segala persyaratan untuk berdirinya sebuah wilayah baru sudah kami sampaikan, tinggal menunggu waktu saja.” ujar konsultan BAPPENAS ini.

Dari itu, kata Shiddiq, untuk merampungkan segala persyaratan menurut undang-undang, pihaknya perlu dukungan dan bantuan dari berbagai pihak “Do’akan saja, semoga tidak ada kendala lagi sehingga akhir 2024 Gambut Raya sudah menjadi kabupaten persiapan, tentunya untuk mencapai keinginan perlunya dukungan dari berbagai pihak, khususnya dukungan penuh dari anggota DPR-RI yang terpilih nantinya,” tukasnya.

Baca Juga:  Sambil Fun Bike AKCF Sejabat, BNNP Banten Berkampanye Anti Narkoba

Jurnalis : Adam; Bagas; Bhany (red TIM)





Video Caleg DPR-RI Partai Perindo

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top