Pemkab Kotabaru Gelar Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Upacara Hari Lahir Pancasila sekaligus Peringatan hari jadi Kabupaten Kotabaru yang Ke-74 Pemerintah Kabupaten Kotabaru menggelar Upacara dengan menggunakan Busana Adat Banjar.

Nampak Bupati Kotabaru H Sayed Jafar dan Wakil Bupati Andi Rudi Latif menggunakan busana adat dari Suku Banjar, Baju Baamar Galung Pancar Matahari yang dilaksanakan dihalaman Ex Kantor Bupati Kotabaru.Sabtu (01/6/2024).

Peringatan Hari Lahir Pancasila sekaligus Hari jadi Kabupaten Kotabaru mengangkat tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2025.

Upacara tersebut sebagai Inspektur Upacara Kodim 1004 Kotabaru Letkol Inf Deden Ika Drajat, SAP., telah membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi mengatakan, Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong-royong, keberagaman yang merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” Ucapnya.

Lebih lanjut Kodim 1004 Kotabaru mengungkapkan, Pancasila merupakan ideologi dasar bangsa Indonesia dan senantiasa kita dijiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, dirasakan kehadiran serta manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Selain itu, regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan,yang tercermin dari etika, integritas, karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Perkembangan situasi global yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

“Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila ditengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” Jelasnya.

Memanfaatkan momentun tersebut, Kodim 1004 Kotabaru juga mengajak untuk mengutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus. Demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan gen-z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, ditengah krisis global yang terjadi Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong-royong seluruh anak bangsa indonesia dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya”, Paparnya.

Selain Bupati Kotabaru, juga turut hadir Wakil Bupati Kotabaru, Ketua DPRD Kotabaru dan Wakil Ketua DPRD Kotabaru, Sekretaris Daerah Kotabaru, Forkopimda, Ketua TP. PKK Kotabaru, Ketua DWP Kotabaru, dan Kepala SKPD dan Anggota TNI-Polri, ASN hingga Mahasiswa dan Pelajar di Kotabaru. (wan/dam)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top