Rafiansyah Resmi Pimpin P3HI Kalsel Masa Bakti 2023-2027

Print Friendly, PDF & Email
Proses serah terima bendera petaka DPD P3HI Kalsel, Sabtu (9/9/2023)

suarakalimantan.com; Batola // SERAH terima jabatan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Pengacara dan Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dibarengi dengan penyerahan bendera petaka DPD P3HI Kalsel oleh H. Aspihani Ideris, S.AP, SH, MH berlangsung di gedung DPD P3HI sendiri Jalan Alalak, Berangas Timur Komplek Masmuna Lestari, Barito Kuala, Kalimantan Selatan, (09/09/2023).

Acara yang langsung dihadiri oleh Ketua Umum P3HI, H. Aspihani Ideris, S.AP, SH, MH, Sekretaris Jenderal P3HI, Wijiono,SH, MH, Bendahara Umum P3HI, H. Marli, SH, MH, Ketua Umum Srikandi P3HI, Normilawati, SE, SH, Sejumlah Pengacara dan Advokat P3HI, sejumlah wartawan dan juga Ketua DPW SWI Kalsel, Sugian Noor, SE dan Ketua Umum LBH Satya Keadilan Borneo Dewan Adat Dayak, YG Sangari, Spd SD, SH, MM juga sejumlah Pengurus DPD P3HI Kalsel, berlangsung cukup sederhana.

H. Aspihani Ideris, S.AP, SH, MH selaku Ketua Umum Organisasi Advokat P3HI ini memberikan banyak arahannya kepada advokat dan pengurus DPD P3HI yang baru. Dan dalam kesempatan itu, tokoh pemuda Kalimantan Selatan yang menasional tersebut mengucapkan selamat kepada Rafiansyah Sofyan menjabat sebagai Ketua DPD P3HI Kalsel masa bakti 2023-2027.

“Didalam organisasi itu penggantian kepengurusan merupakan sebuah hal yang sudah biasa dan wajar. Namun dengan adanya pergantian kepengurusan ini, saya berharap organisasi advokat P3HI akan semakin eksis dan mengutamakan kekompakan dengan penuh persaudaraan. Untuk itu saya ucapkan Selamat kepada saudaraku Rafiansyah Sofyan menjabat sebagai Ketua DPD P3HI Kalsel masa bakti 2023-2027,” kata Aspihani, Sabtu malam (9/9/2023) dalam sambutannya.

Baca Juga:  Kapolda Kalsel Bersama Forkopimda Kunjungi Kampung Tangguh Banua Kota Banjarmasin

Menurut Aspihani, ia mengajak seluruh pengurus DPD P3HI Kalsel yang baru perlu berbangga diri dengan amanah yang diberikan sebagai bagian dari advokat yang lahir di P3HI, karena P3HI tersebut merupakan pertama kali satu-satunya organisasi advokat yang terlahir di Kalimantan Selatan.

“Ya sebagai anak Kalimantan, wajarlah kita harus berbangga diri, karena P3HI ini merupakan sebuah organisasi nasional yang terlahir dan didirikan oleh anak-anak Kalimantan sendiri”, ucap Dosen Uniska Banjarmasin ini.

Apalagi saat ini P3HI sudah memiliki Advokat dan Pengurus DPD yang tersebar di 27 Provinsi dari 38 Provinsi se Indonesia.

“Jujur saudaraku, walaupun P3HI tergolong organisasi baru lahir yang di didirikan pada tahun tahun 2018 lalu, ternyata Advokat P3HI sudah dapat membantu masyarakat hingga memenangkan puluhan bahkan ratusan perkara, baik perdata maupun pidana. Arti advokat yang terlahir di P3HI ini sudah dapat membuktikan bertindak profesional hingga tidak bisa dipandang sebelah mata. Namun dengan prestasi yang diraih, jangan sampai menjadikan diri kita menjadi sombong. Utamakan rendah hati den menolong penegakan hukum bagi kaum yang lemah,” sarannya.

Dalam serah terima jabatan Ketua DPD P3HI Kalsel tersebut diawali Ketua DPD P3HI Kalsel, Asmuni, S.Pd.I, SH, S.Kom, MM menyerahkan bendera petaka kepada Ketua Umum P3HI H. Aspihani Ideris, S.AP, SH, MH dan langsung diserahkan kembali bendera petaka tersebut kepada Ketua DPD P3HI Kalsel yang baru, Rafiansyah Sofyan, SE, SH dengan dimeriahkan tepuk tangan puluhan Anggota dan Advokat P3HI serta para undangan yang berhadir.

Baca Juga:  Aspihani Ideris Lantik Sebanyak 46 Advokat/Pengacara P3HI di Banjarmasin

Dalam kesempatan itu Ketua DPD P3HI Kalsel yang terdahulu Asmuni, SPd.I, SH. S.Kom, MM mengatakan dirinya mundur sebagai Ketua DPD P3HI Kalsel bukan dikarenakan tidak mampu memimpin organisasi advokat di tingkat provinsi, melainkan dirinya mengaku tidak ingin doble dalam jabatan.

“Saya mundur dari Ketua DPD P3HI Kalsel ini bukan mundur dari organisasi advokat P3HI, saya hanya mundur dari jabatan. Sayakan ada di kepengurusan DPN, jabatan saya di DPN adalah Wakil Sekretaris Jenderal atau disingkat Sekjen, jadi saya hanya tidak ingin doble jabatan. Karenanya saya berharap Ketua DPD yang baru ini saudaraku Rofiansyah bisa melanjutkan apa-apa yang sudah di programkan oleh pengurus DPD P3HI Kalsel yang dulu,” harapnya.

Disinggung masalah kepengurusan baru yang akan di revisi, Rafiansyah Sofyan, SE, SH mengatakan, pihaknya akan bekerja sejak dari sekarang untuk menyelesaikan amanah.

“Awalnya, kita akan menyelesaikan penyusunan, merevisi dengan tambal sulam kepengurusan yang ada, kita diberi waktu 7 hari sudah harus menyelesaikan kepengurusan yang ada. Ya pastilah, Insya Allah dalam 7 hari sudah rampung penyusunan kepengurusan DPD P3HI Kalsel yang baru,” janjinya.

Sekarang ini menurut desas-desus kabar angin banyak advokat P3HI yang melanggar AD-ART P3HI, Apakah langkah saudara menyikapi advokat P3HI yang nakal tersebut?

Rofiansyah menegaskan dalam kepemimpinannya akan menindak tegas para advokat yang nakal tersebut. “Bagi advokat P3HI yang melanggar AD-ART akan kami tindak sesuai aturan organisasi dan bagi pengurus yang tidak aktif akan diberikan teguran kemudian kalau memang masih tidak aktif juga akan di keluarkan dari organisasi. Bahkan bagi Advokat P3HI di Kalsel yang melanggar AD-ART, kami akan sampaikan ke Dewan Etik dan Kehormatan untuk di cabut status Advokat nya, kan dalam UU No. 18 tahun 2023 seperti itu,” tegas Rafiansyah.

Baca Juga:  Kapolda Kalsel Tegaskan Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas Adalah Komitmen Kejujuran Dalam Seleksi

Berkaitan masalah progam yang sudah ada, pihaknya akan melanjutkannya, bahkan kita tambah lagi dengan progam-progam baru dengan harapan P3HI semakin maju kedepannya. Tambahnya

Buktikan saja, DPD P3HI Kalsel dibawah kepemimpinan saya akan lebih maju dan terdepan serta profesionalnya dapat bersaing dengan pengacara dari organisasi advokat yang lebih senior. Kita memiliki semangat baru yang murah senyum,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Dewan Etik dan Kehormatan, Abd. Rahman Suhu, SH, MH mengucapkan selamat kepada Ketua DPD P3HI Kalsel yang baru, Rafiansyah Sofyan, SH, MH.

“Selamat dan sukses serah terima jabatan Ketua DPD P3HI Kalsel yang lama saudaraku Asmuni kepada bapak Rofiansyah pada hari Sabtu, tanggal 9 bulan September tahun 2023,” dalam video testimoninya yang beredar di sejumlah group-group WhatsApp, Sabtu malam, (9/9/2023).

“Semoga P3HI Kalsel, semakin jaya, semakin ekses, semakin melayani sesuatu terbaik kepada pelayanan hukum,” demikian disampaikan Abd. Rahman Suhu, SH, MH dalam videonya.

(Bagas)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top