Kecamatan Pulau Laut Tengah Gelar Temua Karya Karang Taruna (TKKT)

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Pengurus Karang Taruna kabupaten Kotabaru memfasilitasi Pengurus Karya Karang Taruna Desa Se-Kecamatan Pulau Laut Tengah sekaligus silaturahmi sesama pengurus Karang Taruna Desa se-Kecamatan Pulau Laut Tengah, kabupaten Kotabaru, Kalsel.

Menurut salah satu Pengurus Karang Taruna Kabupaten Kotabaru, Yahya mengatakan, Pertemuan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Kotabaru sekaligus ajang silaturahmi yang didukung oleh Camat Pulau Laut Tengah, Para Kepala Desa se-Kecamatan Pulau Laut Tengah dan Forum tertinggi yaitu Temua Karya Karang Taruna (TKKT) Kecamatan tujuannya untuk membentuk Pengurus Karang Taruna Kecamatan Pulau Laut Tengah.

Pertemuan ini turut dihadiri Ketua Karang Taruna Kabupaten Kotabaru, Syaifullah Halim, S.Pd, Camat Pulau Laut Tengah, Helmi Rahmadi,S.Sos dan pembina Karang Taruna Kecamatan Pulau Laut Tengah,Hj.Rusmayanti,S.KM, Awaludin,S.Hut (Narasumber),Kepala Desa dan Pengurus Karang Taruna Desa berlangsung di ruang Kantor Kecamatan Pulau Laut Tengah. Selasa (21/3/2023).

“Pembentukan Pengurus Karang Taruna Kecamatan pulau laut tengah sebagai Pintu Gerbang kabupaten Kotabaru.
Pelaksanaan Temu Karya ini diawali dengan komunikasi dan koordinasi kepada Para Pengurus Karang Taruna Desa, dan anjangsana Pengurus Karang Taruna Kabupaten Kotabaru door to door pada seluruh Kepala Desa selaku pembina Karang Taruna desa,”ucap Yahya.

Baca Juga:  Paviliun Produk Pangan Indonesia Digelar di Mesir

Sementara, pengurus Karang Taruna kabupaten Kotabaru lainya,Samsir menambahkan, Karang Taruna adalah organisasi yang terbentuk sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab generasi muda berorentasi tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

Dalam sambutan Ketua Karang Taruna kabupaten Kotabaru, Saifullah Halim yang akrab dianggil Ifunk menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pemerintah Kecamatan Pulaulaut Tengah yang memfasilitasi kegiatan TKKT, aktivis Karang Taruna Desa, para Pembina Karang Taruna Desa, dan Pengurus Kabupaten hingga terlaksananya Temua Karya Tersebut.

“Karang Taruna lahir pada 26 September 1960, memiliki fungsi fasilitasi upaya mengembangkan organisasi, meningkatkan kapasitas generasi muda, pemberian kemudahan, dan pendampingan untuk generasi muda dan masyarakat, dimana Pemuda adalah salah satu asset SDM Desa yang diharapkan mampu berperan aktif dalam pembangunan,”kata dalam sambutannya.

Hal Lain, Bahwa Eksistensi Karang Taruna sebagai Adhitya Karya Mahatva Yodha berarti pejuang yang berkepribadian, berpengetahuan, serta terampil dan selalu berkarya.

“Dalam temu Karya Karang Taruna kecamatan pulau laut tengah tersebut berdasarkan musyawarah Mufakat terpilih, Mashadi, S.Sos sebagai Ketua, Muhammad Abdul Gani, S.Pd menjadi Sekretaris, serta Revena Rosalinda didaulat menjadi bendahara dan secara umum Pengurus Karang Taruna Desa yang berhadir menjadi anggota masa bakti 2023 s.d 2028,”ungkapnya.

Baca Juga:  Polres Kotabaru Gelar Vaksinasi Usia 6 Sampai 11 Tahun, Murid SDN Dirgahayu 1 Kotabaru Sangat Antusias

“Sementara Plt Camat Pulaulaut Tengah Helmi Rahmadi, S.Sos yang secara otomatis sebagai Pembina Karang Taruna Kecamatan,”tegas Ifunk.

Dalam penyampaian Plt Camat melalui Hj Rusmayanti, S.KM, Kasi kemasyarakatan dan Lingkungan hidup menyampaikan, kami sangat mengapresiasi dan terimakasih pada semua pihak yang menjadi saksi terbentuknya Pengurus Karang Taruna Kecamatan Pulaulaut Tengah.

Terbentuknya Karang Taruna Kecamatan melaksanakan kesejahteraan sosial para pemuda dan mengkoordinasikan serta meningkatkan kesadaran, mencegah, menangkal, menanggulangi serta antisipasi berbagai masalah sosial di masyarakat.

“Kita mengharapkan dapat memperkuat system jaringan Kerjasama maupun kolaborasi dengan pihak lainnya,”terangnya.

Kepala Desa Sungai Pasir, Kaspul Anwar sekaligus pembina Karang Taruna desa menyampaikan terbentuknya Karang Taruna Kecamatan maupun Kabupaten desa tidak mengalami mati suri, berbenah, dan berharap bahwa Pengurus Karang Taruna sebagai estapet kepemimpinan Desa ke depannya. Terlebih dalam menghadapi dan menyiapkan diri pada Kemah Karya Bakti Wisata Karang Taruna (KKBWKT) tingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi di Kotabaru,” nantinya.

“Insya Allah kami akan anggarkan dana untuk mendukung kinerja Karang Taruna,”tegas Kades Selaru Junaidi.

Baca Juga:  Keindahan Pulau Samber Gelap Membuat Daya Tarik Wisatawan Untuk Berkunjung

Awaluddin, S.Hut Wakil Ketua Karang Taruna Kotabaru yang juga didaulat sebagai narasumber dalam TKKT mengucapkan, Selamat kepada Pengurus terpilih, Saya salut pada Pulaulaut Tengah sudah memulai dalam Pembentukan Pengurus Karang Taruna Kecamatan sebagai Pintu gerbang Kabupaten Kotabaru.

“Kita berharap Pengurus Karang Taruna Kabupaten,agar Pengurus Karang Taruna kecamatan segera juga dapat terbentuk,” pungkasnya.n(wan/dam)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top