Optimalkan Bisnis Online UMKM, JNE Ngajak Online Kembali hadir di Pontianak

Print Friendly, PDF & Email


suarakalimantan.com – Pontianak // PANDEMI Covid-19 yang merebak sejak tahun 2020 silam menuntut pegiat bisnis untuk bertransformasi menuju digitalisasi. Meledaknya penjualan bisnis secara online kian bertambah seiring berjalannya waktu. Hal ini memicu tantangan bagi pebisnis dalam mengembangkan usahanya, termasuk UMKM Pontianak.

Melihat urgensi ini, JNE Pontianak menghadirkan JNE Goll.. Aborasi ngajak online 2022 Kota Pontianak dengan tajuk “Optimalisasi Strategi Pemasaran Bisnis Digital”. Hal ini disampaikan langsung  Ion Saputra selaku Branch Manager JNE Pontianak kepada awak media suarakalimantan.com Rabu, (26/10/2022).

Disaat membuka webinar Ion Saputra mengatakan  “semoga kegiatan ini dapat menjadi manfaat bagi kita semua terutama pelaku umkm di wilayah Pontianak, JNE berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan dan mengembangkan UMKM dalam berwirausaha ke depan” sebut Ion (Rabu, 26 oktober 2022).

Ia mengatakan dua tahun program JNE Goll..aborasi ngajak online hadir di Kota Pontianak, “tahun ini, JNE menghadirkan dua narasumber antara lain Esterlina selaku owner rerejuna craft dan Hadi Susanto selaku owner arcia.

Baca Juga:  Berbasis Online, Penyuluhan Edukasi Bahaya Narkoba Polda Kalsel Diikuti Ribuan Partisipan

Sebagai pemilik toko kerajinan tas, Esterlina membagikan pengalamannya dalam berbisnis online yang diselimuti berbagai tantangan.

“Selama berbisnis online ini banyak proses yang dihadapi, yang pasti kita harus bisa mengoptimalkan kualitas produk khususnya karena produk custom. saya harus membuat konten yang menarik, seperti pengambilan foto yang dapat diunggah di media sosial.” ujarnya.

Esterlina juga melihat keuntungan dalam berbisnis online khususnya melalui strategi pemasaran sehingga produk dapat diketahui khalayak luas.

Senada dengan pernyataan Esterline, pemilik arcia oil Hadi Susanto menyatakan, dengan media sosial, saya bisa mengenalkan arcia mulai dari bahan baku, talawang, serta memberitahu manfaat dan kegunaannya.

Media sosial dapat merangkul masyarakat dengan cakupan yang cukup luas, sehingga saya bisa memberikan informasi dan ilmu baru mengenai talawang ini, ucap Hadi.

Optimalisasi serta strategi dalam menggunakan media sosial jadi prioritas kedua narasumber ini dalam mengembangkan bisnis online.

Tak hanya itu, Hadi juga membagikan tahapan yang perlu dilakukan selama terjun ke dunia digital.

“Kita harus menentukan dulu kanal yang ingin digunakan. setelahnya, kita fokus ke produk untuk menjaga kualitas dan penampilan sehingga dapat menarik pengunjung dan memberikan pelayanan yang baik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.” ucapnya.

Esterlina menambahkan “memasuki dunia digital, selain memilih kanal ingin digunakan, kita juga harus memahami cara kerja setiap platform” tegas Esterlina.

Baca Juga:  FPI dan LEKEM KALIMANTAN Ajak NOBAR Film G30S/PKI

Tantangan yang dihadapi umkm pontianak selama pandemi cukup berdampak bagi perekonomian daerah. urgensi ini dilihat oleh JNE sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman dan logistik.

Oleh karenanya, JNE menawarkan berbagai program untuk mendorong UMKM seperti memfasilitasi acara, memberikan diskon pengantaran barang, menghadirkan Roket Indonesia sebagai layanan pengiriman instan dan masih banyak lagi. Menjelaskan Roket Indonesia sebagai program pengiriman kilat dengan layanan jemput paket,

Luthfi Safitri Zein sebagai Head of Roket Indonesia juga memaparkan manfaat penggunaan Roket Indonesia.

“Roket Indonesia hadir untuk membantu pebisnis, khususnya UMKM dalam pengiriman barang secara instan dan cepat. Di Kota Pontianak sendiri, kini merupakan kota dengan pengguna Roket Indonesia yang cukup banyak.”

Sebagai informasi, Pontianak merupakan kota ke-53 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Pontianak, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Solo pada 2 November 2022. (Vina Astalina Assegaf)





Baca Juga:  Dandim 1004 Kotabaru Hadiri Tabur Bunga Mengenang Perjuangan Yos Sudarso

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top