Bupati Kotabaru Pimpin Upacara Detik – Detik Proklamasi Kemerdekaan RI 2024 Dikantor Baru Sebelimbingan

SUAKA – KOTABARU. Pemerintah Kabupaten Kotabaru menggelar upacara detik – detik Proklamasi Peringatan HUT RI ke- 79 Tahun 2024 yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Kotabaru di Sebelimbingan pada Sabtu pagi (17 Agustus 2024).

Peringatan HUT ke- 79 RI Tahun 2024 ini mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” dimana tema tersebut bertepatan dengan tiga momen penting bagi Negara Indonesia yaitu penyambutan ibu kota baru di Ibu Kota Nusantara (IKN), momen pergantian Presiden, serta menuju Indonesia Emas 2045.

Pemerintah Kabupaten Kotabaru sendiri pada Peringatan Upacara HUT RI ke- 79 ini berbeda dari tahun sebelumnya. Karena melaksanakan di Perkantoran Baru di Sebelimbingan yang diharapkan dapat meningkatkan Pelayanana kepada masyarakat.

Adapun yang bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH dengan dihadiri Wakil Bupati Kotabaru, Forkopimda, SKPD, Ketua TP.PKK Kotabarh dan Organisasi Wanita lainnya, Camat, Organisasi Masyarakat, dengan peserta upacara terdiri dari ASN Kotabaru, gabungan TNI-Polri, Satpol-PP serta Pelajar. Bahkan sejumlah masyarakat Kotabaru hadir dalam perhelatan tersebut untuk menyaksikan langsung jalannya upacara.

Upacara detik – detik proklamasi berlangsung mulai pukul. 09.25 Wita yang ditandai dengan bunyi sirine mobil selama beberapa detik, yang dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis.

32 anggota (Paskibraka) Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang berasal dari perwakilan siswa-siswi yang terpilih berasal dari SMA/SMK/MAN Kabupaten Kotabaru.

Pasukan tampak berbaris rapi dengan pengawalan komandan Erma David pengawal Paskibraka memasuki lapangan dengan pembawa baki seorang siswi dari SMK Bebunga Estate Kecamatan Pamukan Utara Sekar Suci Wahyuningtyas menuju mimbar Bupati Kotabaru dengan langkah tegap, dimana langkah kaki perlahan menaiki anak tangga untuk mengambil Sang Saka Merah Putih.

Baca Juga:  Polresta Jebak Kurir Sabu, Hingga Kedua Kurir Tertangkap

Pengibaran Bendera Merah Putih yang dipimpin Komandan Upacara Lettu Inf. Setiawan dari Kodim 1004 Kotabaru berjalan dengan sukses dan khidmat

Pada rangkaian Upacara juga dilaksanakan Penyerahan Piagam Penghargaan yang diterima Bupati Kotabaru dalam Acara Pemimpin Daerah Award 2024 sebagai Kepala Daerah Inovatif Pengembangan Pariwisata yang berdampak pada kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI kepada Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH Serta atas Komitmen dan Kerja Keras dalam Mendorong Percepatan Pembangunan Desa di Kabupaten Kotabaru mencapai Status Mandiri, Maju dan Berkembang dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia dan Penghargaan dari Gubernur Kalimantan Selatan sebagai Kabupaten dengan Capaian Realisasi Investasi Terbesar ke-II asi Kalimantan Selatan Tahun 2023.

Dan Penyerahan Hibah dalam rangka Pengembangan Penerapan sistem e-TLE, Penyerahan Hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru kepada STKIP Paris Barantai Kotabaru, dan Hibah kepada Universitas Lambung Mangkurat dalam rangka Program PSDKU di Kotabaru.

Penyerahan Satya Lencana kepada 7 orang, Tali Asih Purna Tugas kepada 3 orang, dan SK Kenaikan Pangkat untuk 3 orang, Penyerahan Penghargaan SKPD dengan hasil Rekonsiliasi Pajak Terbaik Tahun Anggaran 2024, Penyerahan Medali Atlet Berprestasi, dan Penyerahan Santunan Jaminan Kesehatan Masyarakat, serta Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Kotabaru dengan PLN, sekaligus Peresmian Kantor Bupati Kotabaru Sebelimbingan, dan Peresmian Auka Bamega Kotabaru yang ditandai dengan Penandatanganan Prasasti oleh Bupati Kotabaru.

Disela – sela Peresmian Perkantoran Baru tersebut Bupati Kotabaru mengharapkan, Perkantoran Baru ini dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Kotabaru.

“Pada kesempatan ini kita berada di Kantor Bupati di Sebelimbingan, tentunya ini bertepatan dengan moment Peringatan Republik Indonesia 17 Agustus ke- 79 Tahun ini kita melaksanakan, pungkasnya. (wan/dam)

Baca Juga:  Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, SH Raih Regional Leadership Award 2024
Dibaca 7 kali.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top