Program Ketahanan Pangan, Desa Tirawan Gelar Penanaman Bibit Jagung Manis

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dengan penanaman bibit jagung manis dilahan 1 hektar di Desa Tirawan, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kabupaten Kotabaru.Rabu (5/6/2024).

PKTD salah satu program Dana Desa untuk penguatan ketahanan pangan melalui budidaya tanaman bibit jagung manis, untuk menopang program ketahanan pangan dan serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kepala Desa Tirawan Sabrani menyampaikan, penanaman bibit jagung manis merupakan program ketahanan pangan yang bersumber dari dana desa anggaran tahun 2024.

Selain penanaman bibit jagung manis juga ada pemeliharaan ternak ayam potong dan budidaya ikan lele, namun ikan lele ini juga segera dilakukan di tahun 2024 ini.

Lanjutnya, lokasi lahan penanaman bibit jagung manis dengan program kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dengan sistem kerjasama kepada pemilik lahan dengan cara bagi hasil terutama penanaman bibit jagung manis.

Saya berharap, dengan penanaman jagung manis dapat membuahkan hasil maksimal sehingga dapat dikembangkan yang akan datang.

“Apabila perkembangan jagung lebih baik, nanti kita bentuk kelompok tani pertanian untuk program penguatan ketahanan pangan sehingga ada wadah untuk lebih fokus dalam pengelolaannya,” ucap Kades Tirawan.

Baca Juga:  78 Adegan Rekonstruksi Pemenggal Kepala Sadis di Sungai Tabuk
oppo_0

Sementara itu, Camat Pulau Laut Sigam diwakilkan kepada Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Satriansyah mengatakan, bahwa program ketahanan pangan ini merupakan program nasional termasuk menggunakan dana desa dengan anggaran sebesar kurang lebih 20 persen.

“Terkait ketahanan pangan khusus kebutuhan pangan kita harus mandiri dan tidak tergantung kepada desa lain, melihat desa tirawan sangat potensi dalam penguatan ketahanan pangan,” kata Satriansyah.

Dalam konteks hewani dan nabati desa tirawan sangat menunjang apalagi dalam kebutuhan sehari – hari.

“Dengan dukungan anggaran dana desa dan terbentuknya kelompok tani saya yakin Desa Tirawan akan lebih maju lebih mandiri,”Imbuhnya.

Ditempat sama, Zara Nuramelia Janah jabatan CDEA Assistant PT Arutmin Indonesia mengucapkan Apresiasi kegiatannya penanaman jagung manis merupakan program ketahanan pangan mengingat potensi alam yang dimiliki Desa Tirawan sangat luar biasa.

Bagi perusahaan Arutmin siap membantu apalagi Desa Tirawan ini wilayah binaan dan bagian lingkungan sekitar perusahaan.

Sebelumnya, PT Arutmin juga pernah memberikan bantuan kepada kelompok tani sebuah kontraktor mini.

Baca Juga:  Lagi-lagi Pesawar Lion Air Mengalami Keterlambatan Penerbangan

“Adanya program ketahanan pangan perusahaan PT Arutmin untuk selalu memberikan bantuan sesuai kebutuhan yang diperlukan oleh petani,” tuturnya.

Hadir dalam penanaman bibit jagung yakni Kepala Desa Tirawan, Perwakilan Kecamatan Pulau Laut Sigam, Perwakilan PT Arutmin, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD Tirawan dan Ketua RT serta aparatur Desa lainnya. (wan/dam)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top