Sekda Kotabaru Drs H. Said Akhmad, MM Pimpin Baca Burdah Keliling Kota

Print Friendly, PDF & Email

SUAKA – KOTABARU. Menyambut hari Rabu terakhir di bulan Safar atau arba musta’mir, pemerintah kabupaten Kotabaru menggelar baca syair burdah dengan berjalan kaki keliling kota dengan tujuan untuk menolak bala yang dipusatkan di Halaman Mesjid Agung Husnul Khotimah, Selasa (12/09/2023).

Pembacaan burdah keliling ini dipimpin langsung oleh sekretaris daerah kabupaten Kotabaru H. Said Akhmad yang diikuti ribuan warga terdiri dari majelis ta’lim serta pelajar di kawasan Kotabaru.

Tujuan membaca burdah keliling ini untuk menolak bala pada arba musta’mir ini, untuk itu kita berdoa bersama yang di awali dengan sholat isya bersama dilanjutkan berjalan kaki keliling sambil membaca syair burdah, ucap sekda.

Ditambahkan Kepala Depag H.Akhmad Kamal tradisi tolak bala pada arba musta’mir ini insya Allah akan rutin dilaksanakan karena antusias masyarakat Kotabaru sangat bagus sekali, dan pembacaan burdah keliling diikuti ribuan masyarakat dari Majelis ta’lim hingga pelajar, katanya.

Rute yang dilalui adalah dari halaman mesjid agung husnul khotimah berjalan ke arah pasar kemakmuran dilanjutkan ke jalan H. Agussalim, pangeran diponegoro, pangeran hidayat dan finish ke mesjid husnul khotimah atau mesjid raya, jelasnya.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Dua Orang Debt Collector Tarik Paksa Mobil Kridet

Menurut bari salah satu jama’ah, Tradisi tolak bala dengan berkeliling membaca syair – syair maupun bershalawat karena menyakini setiap tahunnya Allah menurunkan 320.000 macam bala atau malapeta turun di hari rabu terakhir dari bulan safar yang dikenal dengan arba mustamir.

“Kami berharap dengan membaca syair – syair burdah dan shalawat serta istigfar, semoga Allah SWT menjauhkan segala bala bencana di mana pun dan selalu kita dalam lindungannya Allah SWT,” ucapnya.

Selain itu, sebagian umat islam khususnya di kabupaten Kotabaru melaksanakan shalat hajat usai shalat magrib berjama’ah dan membaca surah yasin sampai pada ayat “salamun qoulan min robbil rohim” dibaca sebanyak 313 kali dan dilanjutkan dengan ayat setelahnya sampai selesai. (wan/dam)





Tinggalkan Balasan

Scroll to Top