Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kotabaru Gelar Festival Karir Race/Malasuang Manu 2024

SUAKA – KOTABARU. Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui dinas pariwisata pemuda dan olahraga
akan menggelar festival Katir Race, upacara adat malasuang manu tahun 2024.

Agar diketahui , adapun beberapa rangkaian kegiatan yang lebih menarik lainya seperti volly ball match, drag racing pantai, lomba layang layang, lomba gasing, lomba balogo, lomba majeka , lomba takrau dan lomba makatau. Yang akan dilaksanakan pada minggu tanggal 1 September 2024.

Kemudian dihibur oleh artis Ical Majene, Iva Lola dan Andin Mayora serta artis lokal lainnya
Yang akan dilaksanakan bertempat teluk aru, kecamatan pulau Laut kepulauan, kabupaten Kotabaru.

Kepala dinas Pariwisata pemuda dan olahraga Kotabaru Sonny Tua Halomoan melalui Kabid Event dan pertunjukan Rudi Nugraha mengatakan,” Ini adalah kegiatan rutin event dinas pariwisata tapi dilaksanakan oleh empat desa di kecamatan pulau Laut kepulauan kabupaten Kotabaru. jumat (30/8/2024)

Pertama desa teluk aru, desa krasian, desa pulau kerayaan dan pulau keramputan.

Jadi disini mereka memiliki atraksi budaya adat mereka suku mandar yaitu menampilkan lomba katir race, katir race itu adalah sebuah perahu khas orang mandar dimana pungsinya untuk mencari dan perahu itu ada layarnya, ” Ujarnya.

Dalam musin angin kencang mereka tidak ada yang bisa melaut atau tidak ada mencari ikan kebiasaan mereka atau budaya mereka disaat angin kencang mereka tidak melaut tetapi digunakan dengan untuk lomba atau atraksi lomba karir race itu sendiri.

” Nah jadi empat desa tersebut mereka berkaloborasi untuk melaksanakan festival Katir race, disatu sisi ada upacara adat malasuang Manu, upacara adat malasuang Manu adalah simbol pelestarian adat budaya orang mandar yang berada di kabupaten Kotabaru di kecamatan pulau Laut kepulauan.

Baca Juga:  Janji Manis dan Suap Petaka Perpolitikan 2019

Maknanya adalah kecamatan di pulau laut kepulauan ini memang mayoritas adalah suku mandar,” Jelasnya.

Jadi upacara malasuang Manu itu lebih pada ritual mereka dengan simbol melepaskan ayam ke pulau cinta dan mungkin ada perubahan ditahun ini mungkin di laksanakan di Teluk aru saja karena angin nya sangat kencang.

Jadi pungsi dari Dinas Pariwisata Kotabaru itu sendiri adalah Pasilitator kegiatan atau pendukung kegiatan untuk pelaksanaannya semua dari masyarakat teluk aru, desa pulau kerayaan, pulau krasiaan dan pulau kerumputan, mereka berkaloborasi yaitu dengan menyelenggarakan festival Katir race dan upacara adat malasuang Manu tahun 2024 .

Dan ini adalah menurut informasi usia dari kegiatan tersebut ini sudah mamasuki usia ke 54 tahun dan mereka sudah turun temurun .

” Alhamdulillah kami Dinas Pariwisata Kotabaru hanya mensuport dan memfasilitasi dan juga memberikan informasi kepada masyarakat bahwa ada ifen adat budaya yang ada di pulau Laut kepulauan,” pungkasnya. (dam)

Dibaca 13 kali.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top