Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 93, Dua personil Polsek Pulau Sembilan Turunkan Jaga Keamanan

SUAKA – KOTABARU. Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 93 sudah selesai Docking,akhirnya kembali berlayar untuk melayani masyarakat pesisir sesuai jadwal pelayaran ditetapkan oleh Pelni.

Dalam jadwal pelayanan Kapal KM Sabuk Nusantara 93 meliputi pelabuhan Pelindo Kotabaru-Pelabuhan Marabatuan Kecamatan Pulau Sembilan dan Sulawesi Barat.

Berlayarnya kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 93 akan kembali merapat di pelabuhan Marabatuan Kecamatan Pulau Sembilan.

Dengan merapatnya Kapal Perintis di pelabuhan maradapan dua personel dari Polsek Pulau Sembilan Polres Kotabaru, melaksanakan pengamanan untuk keselamatan penumpang. Desa Tanjung Nyiur, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru, Minggu (11/8/2024).

Kapolres Kotabaru, AKBP Doli M Tanjung, S.I.K., melalui Kapolsek Pulau Sembilan, IPDA Teguh Baharjanto, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat, terutama dalam hal keamanan dan keselamatan para penumpang kapal.

Kapal KM. Perintis Sabuk Nusantara (Sanus) 93 melayani rute pelayaran Kotabaru – Batulicin – Pulau Sembilan – Majene – Tanjung Silopo (PP), dan beroperasi secara rutin setiap seminggu sekali untuk melayani masyarakat Kalimantan Selatan.

Selain keselamatan penumpang juga keselamatan kapal, dimana saat kondisi air laut dalam keadaan surut, kapal KM. Perintis Sabuk Nusantara 93 tidak bisa merapat di Pelabuhan Marabatuan karena akan kandas. Maka solusi yang diperhatikan oleh kapten kapal, harus labuh jangkar diluar pelabuhan.

“Kehadiran pihak keamanan selalu menghimbau para penumpang untuk perlu diperhatikan keselamatan baik naik maupun turun kapal, mengingat kapal tidak sandar di pelabuhan dan saat penumpang naik maupun turun kapal hanya antar jemput menggunakan kapal kelotok kecil milik nelayan,”ungkap Teguh Kapolsek pulau sembilan.

“Setiap Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 93 tiba di pelabuhan maradapan pihak Polsek Pulau sembilan selalu hadir untuk keamanan dan keselamatan penumpang,”Imbuhnya. (wan/dam)

Baca Juga:  Penambangan Batu Gunung di Desa Pemuda Tanah Laut Di Persoalkan
Dibaca 24 kali.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top