Surganya Wisata Kalsel, Pulau Samber Gelap Penuh Pesona, Ini Buktinya

SUAKA – KOTABARU. Samber Gelap, namanya mungkin tak asing lagi bagi pecinta wisata di Kalimantan Selatan, namun belum banyak yang bisa sampai kesana karena jarak dan lama perjalannya.

Nama Samber Gelap mulai dikenal yang mana merupakan Pulau Kecil yang berada di daerah Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Destinasi ini menjadi lokasi favorit para wisatawan saat berkunjung ke Kotabaru lantaran menyuguhkan keindahan bawah laut tiada tara. Seperti apa?

Di pulau ini terdapat ribuan terumbu karang yang kondisinya masih sangat alami dan akan menemani para wisatawan saat berenang. Pasir pantainya sangat bersih berwarna putih cerah.

Keberadaan pulau ini memang hanya sebagai tujuan wisata, tidak ada penduduk yang bermukim. Kondisi ini membuat kealamian pulau masih terjaga, sangat bersih dari sampah.

Kejernihan air laut di Samber Gelap adalah daya tarik utama. Saking jernihnya, mudah sekali menyaksikan ribuan terumbu karang dari atas perahu atau saat menyelam. Selain itu, keberadaan ikan – ikan kecil nan menggemaskan akan menemani para wisatawan saat berenang.

Malam hari adalah momen yang paling dinantikan . Dari pulau ini mudah sekali melihat ribuan bintang di atas langit. Suasananya seakan menciptakan ketenangan batin yang begitu dalam.

Momen menarik lainnya yang sangat ditunggu oleh para wisatawan di malam hari adalah menyaksikan sekawanan penyu bertelur. Di pulau ini, sangat mudah melihat secara langsung bagaimana proses penyu bertelur.

Selain itu, di pulau ini juga dibangun penangkaran telur penyu. Anda dapat melihat peristiwa unik berupa anak penyu yang baru menetas berjalan ‘ngesot’ menuju ke lautan pantai. Ada dua jenis penyu yang menjadi penghuni pulau ini, yakni penyu hijau dan penyu sisik.

Baca Juga:  Bersihkan Taman Makam Pahlawan " Kodim Banjar Gelar Karya Bakti HUT Kodam VI - Mulawarman

Berkunjung ke Pulau Samber Gelap tidak bisa setiap saat. Hanya pada bulan tertentu saja, seperti April, Mei, Oktober, November dan Desember. Pasalnya di waktu tersebut kondisi ombak di lautan sangat tenang dan aman untuk dilintasi kapal.

Tidak disarankan berkunjung selain di bulan yang sudah dijadwalkan lantaran kondisi angin laut bisa saja sangat kencang sehingga membuat ombak menjadi besar dan sangat membahayakan keamanan para pengunjung.

Menuju Pulau Samber Gelap bisa memulai perjalanan dari Tanah bumbu seperti yang telah dilakukan rombongan wisata asal tanah bumbu dengan menggunakan kapal nelayan, perjalanannya memakan waktu 5 hingga 6 jam untuk sampai dipulau samber gelap yang terletak di tengah lautan lepas milik Kabupaten Kotabaru, ujarnya, Minggu (4/02/2024). (dam)

Dibaca 20 kali.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top