Dinas Sosial dan Pemuda Kalimantan Selatan Bersinergi Hadapi Bencana

Dinas Sosial dan Pemuda Kalimantan Selatan Bersinergi Hadapi Bencana

Hari ini, Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan memberikan izin kepada HP 2B untuk melaksanakan kerjasama yang pertama dalam menyiapkan pemuda menghadapi bencana.

Kesiapan ini direspon sebagai langkah positif mengingat ancaman bencana Metrologi yang sudah di depan mata, mengingat pengalaman tahun 2021.

HP 2B berhasil menghimpun pemuda sebanyak 600 orang, dengan fokus pada tanggap bencana dan siaga melalui program dua hari yang mencakup manajemen bencana. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap bencana besar yang melibatkan 13 kabupaten dan kota, menimpa 11 daerah pada tahun sebelumnya.

Gubernur Kalselpun memberikan tamggapan positif dengan kegiatan ini dari sinas sosial memberikan arahan untuk persiapan tanggap darurat bencana, dan HP 2B telah secara strategis mengambil alih inisiatif ini demi kemanusiaan tegas H. Akhmadi.

Kerjasama juga dilakukan dengan Dispora, yang melibatkan 78 pemuda untuk persiapan mental dan keterampilan menghadapi bencana.

Selain menguasai pengetahuan manajemen bencana, pemuda ini juga dilibatkan dalam pengembangan keterampilan seperti shelter, teater, tenda, water rescue, dan pertiga rescue.

Hal ini dianggap penting mengingat bahwa dalam pengalaman sebelumnya, banyak relawan sosial memiliki keterampilan yamg masih harus di asah dalam penggunaan peralatan dan manajemen logistik di lapangan.

Program ini diharapkan dapat mengurangi risiko bencana dan korban, dengan pemuda yang sudah memiliki pemahaman yang baik dalam penanganan keadaan darurat.

Pemuda dilatih untuk bergerak cepat, meningkatkan disiplin, dan memahami tata cara pendataan di lapangan agar bantuan dapat disalurkan dengan lebih efektif saat terjadi bencana tutp H. Akhmadi selaku dari dinas sosial provinsi Kalimantan Selatan .

Rian

Dibaca 71 kali.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top