Dishub Kalteng Latih 19 Orang Sopir Angkutan Umum

SuaraKalimantan.com, Palangka Raya

Pelaksanaan Pelantihan Sopir Angkutan umum merupakan upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam upaya menekan angka kecelakaan Angkutan umum menuju zero accident.

Yang mana salah satunya dengan melakukan pengembangan sumber daya manusia yang di Lakukan melalui Pelatihan Pelatihan.

Dengan adanya Pelatihan keselamatan Sopir Angkutan umum tahun 2021 di harapkan meningkatkan kompetensi para pengemudi Angkutan umum, melalui abiyasa teladan 2021 yang diselenggarakan oleh PT. Jasa Raharja yang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kalteng bermaksud untuk membentuk pengemudi yang prima dan beretika yang mampu memenuhi tuntutan penguna jasa transportasi darat serta dari kegiatan ini mendapatkan sertifikasi pengemudi Angkutan umum.

Keselamatan adalah Kata mutlak untuk manusia dari segala kegiatan yang di Lakukan termasuk keselamatan transportasi.

Data penyebab kecelakaan dari Direktorat Jendera Perhubungan Darat Departemen Perhubungan Darat menyebutkan bahwa penyebab kecelakaan paling besar dengan presentasi 93,52 â„… adalah pengemudi itu sendiri, yaitu saat mengemudi dalam keadaaan lelah, mengantuk, mabuk dan lain sebagai nya.

Sedangkan penyebab kedua terbesar adalah dari tingginya angka kecelakaan adalah kondisi jalan raya seperti kondisi jalan yang licin, sempit, persimpangan, dan penyebab lainnya dengan presentasi 3,23%. Untuk kondisi kendaraan didapatkan presentasi sebesar 2,76% misalnya ban pecah, gagal mesin dan cacat teknologi lainnya.

Sementara itu lingkungan merupakan penyebab terjadinya kecelakaan dengan presentasi 0,49% disebabkan oleh lalu lintas campuran antara kendaraan cepat dengan kendaraan yang dikemudikan dengan lambat, factor cuaca termasuk dalam penyebab kecelakaan.

“Tentunya saya dan kita semua dengan adanya pelatihan sopir Angkutan umum ini memberikan dampak positif terlaksananya keselamatan dan keamanan pengguna jasa transportasi serta pengguna jalan,” pungkas Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kalteng, Yulindra Dedy, S.STP, M.Si, dalam sambutannya pada acara pembukaan Pelatihan Sopir Angkutan Umum Tahun 2021 di Hotel Luwansa, Rabu (16/06/2021), pagi.

Baca Juga:  Operasi Lilin Telabang Polres Sukamara Terjunkan 225 Personil Gabungan

Sebelum acara ini berlangsung seluruh peserta dan tamu undangan telah melakukan pemeriksaan G-Nose.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangkaian acara Bakti Sosial Abdiyasa Peduli Lingkungan Tahun 2021 Provinsi Kalimantan Tengah oleh PT. Jasa Raharja.  Pelatihan Sopir Angkutan Umum Tahun 2021 ini diikuti oleh 19 orang peserta.

Diahkhir acara para peserta juga mendapatkan bantuan berupa sembako dan uang saku.

Acara ini dihadiri oleh para narasumber :

(1). Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan Kalteng Andreas P. Santosa, ST, MT.

(2). Subdit Regident Ditlantas Polda Kalteng IPDA Rojenses Simanjuntak, SIP.

(3). Kasi Sarpras BPTD wilayah XVI Kalteng Agung Wibowo SH, MH.

(4). Kepala Cabang Jasa Raharja Palangka Raya M. Iqbal Hasanuddin S.Sos, M.Si, AWP.

(5). Korsatpel Terminal Tipe A WA. Gara Palangka Raya M. Fajar Qomaru Zaman, S. SiT, sebagai narasumber.

Yohanes Eka Irawanto, SE

Dibaca 49 kali.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top