BPOM Tanah Bumbu Periksa Takjil dan Retail diKelumpang Hilir

Poto Istimewa/Tim BPOM Tanah Bumbu

 

SUAKA – BATULICIN, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Tanah Bumbu gandeng Dinas Kesehatan Kotabaru melakukan giat intensifikasi pengawasan pangan Bulan Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H tahap IV.

Kegiatan itu dilaksanakan bersama tim yang terdiri dari Puskesmas Perawatan Serongga, Polsek Kelumpang Hilir, dan Koramil Kelumpang Hilir Kotabaru. Dengan tetap menerapkan protokol penanganan Covid-19. Pada senin, (26/4/2021).

Tim gabungan lakukan pemeriksaan ke-retail pangan dengan hasil 1 sarana memenuhi ketentuan dan 2 sarana tidak memenuhi ketentuan. Dari sarana yang tidak memenuhi ketentuan ditemukan produk pangan tanpa izin edar dan kedaluarsa.

Pemilik toko atau pengelola sarana diberikan pembinaan dan edukasi untuk tidak memperjualbelikan produk tersebut.

 

Selain pemeriksaan ke sarana retail pangan, tim juga mengambil contoh pangan berbuka puasa di Pasar Serongga. Tidak ditemukan bahan berbahaya dari 10 sampel pangan yang dicurigai mengandung formalin, boraks, rhodamin B, dan kuning metanil.

M. Reza Ramadhani, S.Farm, Apt selalu koordinator Pemeriksaan Loka BPOM Tanah Bumbu, imbau kepada konsumen tidak lupa mengecek pada kemasan tanggal kadaluarsa atau “expiration” pada kemasan yang akan dibeli.

“Ayo selalu lakukan Cek KLIK. Kemasan, label, Izin edar dan kedaluwarsanya, sebelum membeli dan mengonsumsi obat dan makanan,” ujarnya.

Serta wajib selalu menerapkan 3M dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, untuk mencegah penyebaran COVID – 19, tambahnya.

Diinformasikan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan informasi atau lakukan aduan ke BPOM tentang obat dan makanan silakan dengan datang langsung ke Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Kantor Badan POM di Kabupaten Tanah Bumbu di Jalan Transmigrasi No.09 KM 3.5 Kecamatan Simpang Empat.

Atau juga bisa menghubungi kami melalui media sosial,
Instagram : bpomtanahbumbu
Facebook : Bpom Tanah Bumbu
Twitter : BPOM Tanah Bumbu
Youtube : BPOM TANAH BUMBU

Baca Juga:  Ketua Persit Kodim 1001/Amuntai Memperingatan Hari Ibu Ke-92 Tahun 2020 Di Kabupaten Balangan

Editor : barlis

Dibaca 24 kali.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top