Festival Lomba Tari Kreasi Dan Musikalisasi Puisi Tahun 2024 Dilaksanakan DK Kotabaru Dapat Dilirik Pemerintah Daerah Kotabaru

SUAKA – KOTABARU. Festival lomba tari kreasi dan musikalisasi puisi tahun 2024 diselenggarakan, Jum’at (12/10) sore sampai malam dipanggung akrab taman wisata siring laut, resmi dibuka oleh Ketum Dewan Kesenian Kabupaten Kotabaru Drs H Syajidan SH.M.Si.

Pelaksanaan festival lomba yang diikuti peserta tingkat SD, SMP, SMA/sederajat serta perguruan tinggi.

Yang berhasil meraih juara festival lomba tari kreasi tingkat SD. juara 1(satu) diraih SDN 7 Dirgahayu, juara 2(dua)diraih SDN 2 Kotabaru Hulu juga sekaligus meraih juara best Kostum dan juara 3 (tiga) diraih SDN 1 Baharu Selatan. Peserta tingkat SMP berhasil meraih juara dalam lomba tari kreasi yakni juara 1 (satu) SMPN 3 Kotabaru, juara 2 (dua) SMPN 7 Kotabaru dan juara 3 (tiga) SMPN 5 Kotabaru.

Untuk peserta lomba Musikalisasi Puisi tingkat SMAN/Sederajat dan Perguruan tinggi,meraih juara 1 (satu) MAN Kotabaru, juara 2(dua) SMKN 1 Kotabaru dan juara 3(tiga) STKIP Paris Barantai Kotabaru.

Menurut Ketum Dewan Kesenian (DK) Kotabaru H Syajidan mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru serta Bank Syariah Indonesia (BSI) Kotabaru, berjalan lancar dan sukses.

Penyelenggaran festival lomba tari kreasi bukan kali pertama diadakan, dulu tahun 2019 dan Alhamdulillah tahun 2024 kembali kita laksanakan festival lomba tari kreasi dan pertama kalinya ditampilkan lomba musikalisasi puisi seperti yang disaksikan bersama.

Kegiatan festival ini diikuti peserta tiga kecamatan yakni Kecamatan Pulaulaut Utara, Kecamatan Pulaulaut Sigam dan Kecamatan Pulaulaut Timur.

Kami berharap kedepan, kegiatan festival lomba tari kreasi dan musikalisasi puisi bisa dilaksanakan sekabupaten Kotabaru dengan harapan didukung penuh oleh pemerintah daerah baik dinas pariwisata pemuda dan olahraga serta dinas pendidikan dan kebudayaan Kotabaru.

Baca Juga:  PERADI Kalsel Utus 5 Anggotanya Dalam Rakernas

“Alhamdulillah terkait sarana prasarana penunjang pemerintah daerah sudah memberikan kontribusi, termasuk anggota DPRD Kotabaru walaupun masih ada kekurangan,”ucapnya.

Sementara Ketua Harian Dewan Kesenian Kotabaru Ahmad Fitriadi. SH.MH., menjelaskan, kegiatan festival lomba tari kreasi bukan kali pertama diadakan akan tetapi perlu ditingkatkan dari sisi segi kualitas dan kuantitas.

Kalau kegiatan festival tari kreasi sudah sering diperlombakan ditingkat SD dan SMP, selain dari lomba musikalisasi puisi, ini baru pertama kali ditampilkan dalam festival lomba tari kreasi dan musikalisasi puisi tahun 2024.

Kalau dari segi kualitas sangat baik melihat kepesertaan baik tingkat SD, SMP dan SMA bahkan peserta dari perguruan tinggi di Kotabaru.

Dan penampilan peserta tari kreasi dan musikalisasi puisi segi kualitas dan kuantitas sangat baik yang dipertontonkan oleh para kreator tari, luar biasa dan membuktikan muncul seniman-seniman sekolah dasar (SD) SMP dan SMA yang perlu dibimbing.

“Semoga kegiatan festival yang diselenggarakan mengangkat seniman – seniman baru yang dapat dilirik pemerintah daerah melalui dinas pariwisata pemuda dan olahraga beserta dinas pendidikan dan kebudayaan bahkan pihak perusahaan di Kotabaru,”harap Ahmad Fitriadi.

Lanjut Fitriadi, dewan kesenian membuka pelatihan bagi anak sekolah mulai hari senin sampai minggu dan seniman yang ada di dewan kesenian siap memberikan pelajaran dan silakan mengunjungi kantor dewan kesenian Kotabaru.

Selain itu, dewan kesenian juga mempunyai program yaitu Seniman masuk sekolah dan sudah berjalan selama satu bulan untuk melakukan sosialisasi dan memberikan bimbingan kepada anak – anak sekolah tentang seni.

“Kami mengajak pihak sekolah bersama – sama melakukan pembinaan anak-anak terkait kesenian dan pihak dewan kesenian daerah siap memberikan pembinaan dan bimbingan,”pintanya.

Baca Juga:  Polres Tapin Gelar Lat Pra Ops Patuh Intan 2019

Pewarta : Hartawan

Redaktur Pelaksana : Adam Mahdi

Dibaca 16 kali.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top