CSR PT. Sungai Rangit ajak Petani Budidaya Tanaman Pisang Barangan

Sukamara,-

Manager Humas PT. Sungai Rangit R. Dimas Setyawan, mengajak masyarakat desa sekitar perusahaan PT. Sampoerna Agro Kabupaten Sukamara dan Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah untuk terlibat dalam budidaya tanaman pisang.

Dimas membeberkan, melalui program Corporation Sosial Responsibility (CSR) PT. Sungai Rangit di tahun 204 membagikan bibit pisang kepada kelompok tani di dua Kabupaten tepatnya Desa Kartamulya Kabupaten Sukamara dan Desa Sumbermukti Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sekitar 500 bibit pisang dari tiga jenis yang ditanam yaitu pisang barangan sejumlah 200, pisang sang mulyo 100 bibit dan pisang raja bulu 200 bibit.

Ketua poktan berkah tani, Tluko, seperti dikutip dalam pers pada hari Sabtu 21 September 2024 menyatakan rasa bahagia karena telah melakukan penanaman perdana tanaman pisang di poktan yang dia pimpin.

“Mudah-mudahan bermanfaat bagi kelompok tani masyarakat desa Kartamulya,” tuturnya.

Hal senada juga di katakan oleh Bendahara Poktan Berkah Tani Ahmad Yani yang juga selalu tuan rumah pada acara tanak perdana bibit pisang program CSR PT Sungai Rangit mengaku senang dengan adanya bantuan bibit pisang ini, apalagi melibatkan kelompok tani yang dikelolanya.

“Alhamdulillah dengan adanya program ini harapannya dapat membantu ekonomi kelompok tani pada umumnya dan masyarakat khususnya, dan semoga program terus berlanjut sampai petani di desa Kartamulya mampu mandiri.” Ujarnya.

Muhamad Nur Cholis, membenarkan bahwa pada hari sabtu tanggal 21 September 2024 telah dilakukan tanam perdana bibit pisang barangan di Desa Kartamulya, dan sebelumnya juga telah melakukan penanaman bibit pisang yang sama di Desa Sumbermukti Kecamatan Kotawaringin Lama Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Program budidaya tanaman pisang merupakan salah satu program CSR unggulan dibidang ekonomi yang dilakukan PT. Sungai Rangit, dalam upaya memberdayakan masyarakat desa disekitar perusahaan. Harapannya masyarakat dalam hal ini adalah petani dapat memperoleh pendapatan dari sektor lainnya sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Budidaya pisang yang digagas CSR PT. Sungai Rangit ini sebagai upaya menjaga ketahanan pangan,” Pungkas Muhamad Nur Cholis.

Baca Juga:  Maknai Peringatan Hari Juang TNI AD Ke-75,Kodim 1001/Amuntai Melaksanakan Karya Bakti

(Mas@eko)

Dibaca 21 kali.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top