Tempat Wisata Kerajaan Memiliki Pantai Pesisir Putih Yang Memikat Para Wisatawan

SUAKA – KOTABARU. Wisata Karajaan diKabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, memiliki pantai berpasir putih yang memikat, dan daratannya dipenuhi oleh vegetasi seperti cemara laut, ketapang, butun, kelumpang, dan kelapa, yang menjadi tempat singgah berbagai burung – burung.

Pulau ini juga kaya akan fauna laut yang dilindungi seperti lola, kima besar, kima raksasa, penyu hijau, penyu sisik, serta berbagai spesies ikan karang, termasuk ikan kepe – kepe.

Di wilayah perairan pulau ini terdapat ekosistem lamun dan terumbu karang yang menjadi feeding ground ikan Hiu.

Ekosistem lamun dan terumbu karang di perairan sekitar pulau menjadi habitat penting bagi hiu dan berbagai spesies laut lainnya.

Namun, kondisi karang di sebelah timur laut kecamatan Pulau Laut mengalami kerusakan akibat tekanan ekosistem dan aktivitas manusia.

Salah satu daya tarik utama Pulau Karajaan adalah Katir Race, sebuah perlombaan perahu tradisional yang diadakan setiap Juni hingga Agustus.

Perlombaan ini menarik banyak wisatawan yang ingin menyaksikan balapan perahu yang digerakkan oleh angin dan bercadik, memberikan pengalaman budaya yang otentik. (dam)

Dibaca 19 kali.
Baca Juga:  Wartawan SUARA KALIMANTAN Hadiri Mubes Pers Indonesia 2018 di Gedung Sasono Utomo TMII

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top