Situs Kerajaan Cantung Bakal Jadi Tempat Wisata

SUAKA – KOTABARU. Lembaga Adat Kerajaan Cantung melaksanakan haul Raja – raja Cantung di Desa Banua Lawas, beberapa waktu lalu, di Kecamatan Kelumpang Hulu, Kabupaten Kotabaru.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kotabaru melalui Kepala Bidang Pertunjukan Event Pariwisata dan Ekraf Rudi Nugraha mengatakan, Haulan Kerajaan Cantung merupakan agenda rutin setiap tahunnya untuk mengenang dan juga mengingat bahwa Kerajaan Cantung termasuk pendiri Kotabaru,” Ucapnya.

Ia menyebutkan, menurut silsilah kerajaan Raja Cantung, Aji Pangeran Kesumanegara pada masa sejarahnya berjuang melawan Belanda, dan kemudian di asingkan oleh Hindia Belanda ke Bondowoso Jawa Timur pada tahun 1890, hingga meninggal dunia dan di makamkan di Kabupaten Bondowoso.

“Jadi jangan lupa kalau kita mempunyai situs sejarah yang harus diperkenalkan kepada penerus generasi muda,” ujarnya.

Bahkan Ia menambahkan, pihaknya ke depan akan menyiapkan master plan untuk membuat miniatur atau replika Kerajaan Cantung.

“Tempat itu nantinya sekaligus akan menjadi tempat wisata religi, wisata sejarah, dan juga wisata sungai,” pungkasnya. (dam)

Dibaca 15 kali.
Baca Juga:  KEPALA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTABARU TATA PARKIR DAN ADMINISTRASI INTERNAL

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top