Anak TK Kotabaru Hilir, Antusias Ikuti Latihan Semprot Air Mobil Damkar

SUAKA – KOTABARU.Taman Kanak – kanak Pertiwi Kotabaru Hilir, Kelurahan Kotabaru Hilir, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, menggelar pengenalan lapangan dengan praktek Semprot air mobil damkar untuk memadamkan bila terjadi kebakaran.

Pergelaran Simprot air mobil damkar anak TK di pandu oleh bapak – bapak dari Dinas Damkar dan Satpol-PP Kotabaru, di bawah pantauan kepala sekolah ibu Rohani dan para dewan guru TK Pertiwi Kotabaru Hilir. Bertempat lapangan Obyek Wisata Siring Laut Kotabaru, Jumat (08/3/2024).

Kepala Sekolah TK Pertiwi Kotabaru Hilir, Rohani mengatakan, kegiatan pengenalan anak – anak pada usia dini dalam praktek cara Simprot air mobil damkar bila terjadi kebakaran dan memadamkan api, kegiatan tersebut langsung diperagakan anak – anak TK sendiri.

Praktek ini, dipandu oleh petugas dari dinas damkar dan Satpol-PP dan praktek tersebut merupakan salah satu kurikulum merdeka.

“Praktek langsung diperagakan anak – anak dapat mengetahui menangani terjadinya kebakaran dan dampak risiko apabila kita bermain api, seperti bermain listrik dan main kembang api, dll,” tegasnya.

Sementara itu, Guru kelompok kelas B Titi Suharni juga menjelaskan, dengan adanya kurikulum merdeka, anak – anak mulai harus diperlihatkan secara nyata sesuai tema pembelajaran “profesi”maka anak diusia dini sudah seharusnya melakukan praktek nyata.

Seperti cara Simprot air mobil damkar dengan menggunakan peralatan pemadam dari dinas Damkar dan Satpol-PP.

Selain menggunakan alat pemadam untuk mematikan juga bisa menggunakan karung tapi itu di gunakan kalau kebakaran kecil.

“Bila terjadi kebakaran, jangan hanya menonton jadi itulah diberikan sama anak – anak untuk ditanamkan agar supaya kelak bisa mawas diri,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Jasmania orang tua Muhammad Arfan kelas B.a1 mengucapkan terimakasih kepada kepala sekolah dan para dewan guru TK Kotabaru Hilir, dengan diberikan bimbingan secara langsung teknik Semprot air menggunakan alat mobil kebakaran.

Baca Juga:  Bermandikan Lumpur, Anggota Koramil 1002-05/Pandawan Bersihkan Sungai Bersama Masyarakat

“Sebagai orang tua, sangat setuju dengan kegiatan yang dilakukan oleh pihak sekolah, supaya anak – anak tahu cara memadamkan api bila terjadi kebakaran,”ucap orang tua Arfan.

Plt.Kepala Seksi Pencegahan Dinas Damkar dan Satpol-PP Kotabaru Fitriani menjelaskan, Anak – anak TK Pertiwi Kotabaru Hilir sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan Semprot air menggunakan mobil damkar yang dipandu petugas dari Damkar Kabupaten Kotabaru.

Dengan pelatihan ini, anak – anak yang masih duduk di bangku sekolah TK sangat perlu mengetahui peralatan pemadam kebakaran mulai baju pengaman anti api, sepatu, helm dan perlengkapan lainnya.

“Semoga praktek Semprot air mobil damkar dapat lebih mengenal dan alat perlengkapan yang digunakan sewaktu memadamkan kebakaran,”pintanya.(wan/dam)

Dibaca 53 kali.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top