Syamsul Bahri Resmi dilantik Menjadi Anggota DPR-RI, Aspihani Ucap Selamat Bertugas

Prosesi Pelantikan Anggota DPR-RI Syamsul Bahri masa tugas 2019-2014, Selasa (05/03/2024)

H Syamsul Bahri hari ini, Selasa (05/03/2024) resmi dilantik menjadi Anggota DPR RI menggantikan Saiful Rasyid yang pindah ke Partai Demokrat. Ia mengaku siap memperjuangkan aspirasi masyarakat Kalsel termasuk memberikan dukungan pada rencana pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Gambut Raya.

Jakarta, suarakalimantan.com / Syamsul Bahri dilantik pada Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Syamsul bahri menjadi Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPR RI dari Dapil Kalsel 1, Saiful Rasyid yang pindah ke Partai Demokrat.

Ia adalah peraih suara terbanyak kedua pada Pileg 2029 dari Partai Gerindra di Daerah Pemilihan (Dapil) Kalsel 1 yang meliputi Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, dan Tabalong.

Syamsul Bahri dan Novri Ompusunggu (foto dokumentasi P3HI di gedung DPR RI, Selasa, 5 Maret 2024.

Upacara pelantikan tersebut digelar saat rapat paripurna DPR RI, di gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (05/03/2024).

Pelantikan dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad didampingi oleh Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus dan Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel.

Pelantikan anggota PAW DPR RI ini digelar setelah pembacaan pidato Ketua DPR RI Puan Maharani yang diwakili oleh Dasco. Setelah itu, upacara pelantikan pun dilaksanakan.

Selain Syamsul Bahri, pada saat bersamaan Pimpinan DPR RI juga melakukan pelantikan Anggota DPR RI lainnya, yaitu Dorotun Nafisah dari Fraksi Gerindra daerah pemilihan Banten III menggantikan almarhum H Desmond J Mahesa, Ali Imron dari Fraksi Partai Gerindra daerah pemilihan NTB II menggantikan Bambang Kristiono, dan Hj Jumriyah dari Fraksi PDIP daerah pemilih Sulawesi Barat menggantikan Arwan M Arash.

Sebelum memimpin pembacaan sumpah Dasco meminta kesediaan mereka untuk mengikutinya.

Kabar pelantikan Syamsul Bahri mendapat respon positif dari sejumlah kalangan di Kalsel. Salah satunya adalah dari Ketua Umum Perkumpulan Pengacara dan Penasehat Hukum Indonesia (P3HI), Aspihani Ideris.

Baca Juga:  PPWI Desak Polres Bogor Segera Tangkap Pembegal Wartawan Metropol

“Iya, saya sudah mendengar kabar pelantikan Saudara H Syamsul Bahri. Beliau adalah salah satu advokat P3HI, dan saya sudah bertemu beliau datang bertandang kerumah saya sebelum berangkat ke Jakarta untuk pelantikan hari ini. Selamat bertugas,” kata Aspihani Ideris kepada sejumlah wartawan, Selasa (05/03/2024).

Menurut Aspihani, ia cukup mengenal pribadi Syamsul Bahri jauh sebelum dirinya mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Partai Gerindra.

Bahkan kata tokoh aktivis LSM Kalimantan ini, ia sudah pernah kumpul sebagai pengurus di Ormas Gerakan Rakyat Dukung Prabowo (GARDU Prabowo, dimana saat itu Aspihani lah sebagai Ketua DPD Kalsel nya masa tugas 2010-2015 dan 2015-2020 serta 2020-2025.

Oleh karena itu, ia meyakini bahwa yang bersangkutan memiliki komitmen yang tinggi untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Kalsel, sesuai dengan amanah dan kewenangan yang dimilikinya sebagai anggota DPR RI.

Bagi Aspihani, dilantiknya Syamsul Bahri adalah kebanggaan tersendiri. Pasalnya, Syamsul adalah orang kedua yang merupakan advokat P3HI yang berhasil menjadi wakil rakyat di Senayan.

Sebelumnya, dikatakan Aspihani, Novri Ompusunggu, yang merupakan Wakil Ketua Umum DPN P3HI, juga menjadi PAW anggota DPR RI dari Fraksi PDI-Perjuangan menggantikan Sulaiman Umar dari Dapil Kalsel 2 yang mengundurkan diri.

“Mereka adalah kader terbaik P3HI, dan saya yakin mereka akan memperjuangkan aspirasi masyarakat Kalsel,” tegasnya.

Lebih lanjut, Aspihani yang juga Dosen Fakultas Hukum Uniska Banjarmasin ini, menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Syamsul Bahri sebagai Anggota DPR RI.

“Sekali lagi, selamat atas pelantikan Saudara H Syamsul Bahri sebagai anggota DPR RI masa bakti 2019-2024, Semoga saudaraku senantiasa diberikan kesehatan dan panjang umur, sehingga dapat menjalankan amanah dengan baik,” imbuhnya.

Aspihani juga mengharapkan, dengan posisinya sebagai wakil masyarakat Kalsel di Parlemen, bisa memperjuangkan rencana pemekaran DOB Kabupaten Gambut Raya.

Baca Juga:  BUMN Watch Siap Sodorkan Data Dugaan Korupsi Di-BUMN

“Saya sudah berbicara empat mata dan minta kesediaan Saudara Syamsul Bahri untuk mendukung pemekaran Kabupaten Gambut Raya. Saya pun mendo’akan semoga beliau menempati Komisi II di DPR RI,” ujar Sekretaris Panitia Pemekaran Kabupaten Gambut Raya ini.

Terpisah, Syamsul Bahri yang dihubungi melalui telepon selulernya usai pelantikan, menyebutkan jika dirinya siap memperjuangkan aspirasi masyarakat Kalsel selama masa baktinya sebagai anggota DPR RI selama lebih kurang 8 bulan ke depan.

“Meski hanya menjabat di sisa masa jabatan sebagai Anggota DPR RI, saya siap memperjuangkan aspirasi masyarakat Kalsel, termasuk upaya pemekaran DOB Kabupaten Gambut Raya,” ucapnya singkat.

Saat di hubungi via phone, Syamsul Bahri membenarkan dirinya bakal di lantik pengganti antar waktu dari Partai Gerindra sebagai anggota DPR-RI menggantikan Syaiful Rasyid yang sekarang hijrah ke Partai Demokrat.

“Ya benar, saya hari ini di Lantik sebagai anggota DPR-RI menggantikan Syaiful Rasyid. Kemungkinan tugas saya sisa sekitar 8 – 9 bulan lah. Semoga saya ditempatkan di Komisi II supaya saya bisa dapat membantu memperjuangkan Pemekaran Kabupaten Gambut Raya mekar dari Kabupaten Banjar dan Tanah Kambatang Lima mekar dari Kabupaten Kotabaru,” ucapnya ringkas. (fathur)

Dibaca 87 kali.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top