Puncak Haul Guru Sekumpul Ke 18 di Hari Minggu 29 Januari 2023

Foto Istimewa Abah Guru Sekumpul

Suarakalimantan.com – Martapura // Haul Ke 18 Abah Guru Sekumpul atau nama aslinya beliau Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari, diselenggarakan di Mushala Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan pada hari Ahad 29 Januari 2023 atau malam Seninnya.

Guru Sekumpul adalah salah seorang ulama yang populer di Kalimantan. Ia lahir pada 11 Februari 1942 atau 27 Muharram 1361 H di desa Tunggul Irang, Martapura, Kabupaten Banjar.

Beliau wafat pada 10 Agustus 2005 Masehi – 5 Rajab 1426 Hijriyah (Rabu pagi) pukul 05.10, Guru Sekumpul mengembuskan napas terakhir dan berpulang ke rahmatullah pada usia 63 tahun

Pada hari H peringatan Haul Ke 18, terpantau mulai pagi sampai siang ini sudah padat merayap penziarah banyak berjalan kaki karena jalan macet yang cukup panjang. Bahkan di setiap polosok disekitar Sekumpul sudah penuh dengan orang yang memghadiri acara haul tersebut. Diperkirakan jutaan orang bakal memadati kota Martapura Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan pada hari ini.

Polres Banjar menggelar pengamanan bersama stakeholder terkait guna persiapan pengamanan Haul Syekh Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul ke-18, pada Minggu (29/1/2023) siang.

Wakapolres Banjar, Kompol Dr. Haji Mohammad Fihim S.H., M.Sc mengatakan, “anggota gabungan yang diterjunkan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub), Kodim 1006 Banjar, BPBD, Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar, serta relawan, dan jumlah Personel gabungan yang diterjunkan 4.127 orang, ungkapnya.

Wakapolres Banjar, Kompol Dr. H Mohammad Fihim S.H., M.Sc., mengatakan, untuk membahas bagaimana terkait kesiapan pengamanan pelaksanaan haul, sekaligus menyamakan persepsi antara stakeholder terkait.

Baca Juga:  Masjid Al Muhajirin Banjarmasin Meraih Juara Pertama Penghargaan Masjid YAMP 2019

“Kami didukung stakeholder berkomitmen menjamin keamanan dan kenyamanan bagi warga masyarakat,” ujar lulusan Cumlaude Unisula Semarang ini.

“Kami mengimbau, jemaah yang nantinya akan menghadiri kegiatan haul agar selalu mengikuti arahan petugas di lapangan. Rambu-rambu yang ada, baik untuk jalur kedatangan atau kembali usai mengikuti haul,” ucapnya.

Wakapolres Banjar, Kompol Dr. Haji Mohammad Fihim S.H., M.Sc., berharap, pelaksanaan haul Guru Sekumpul ke-18 ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

(wj-red)

Editor: Triwira

Dibaca 14 kali.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top