BPBD Kotabaru Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Bencana

SUAKA – KOTABARU. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Kotabaru gelar pasukan dihadiri Tim gabungan relawan pemadam kebakaran se-kabupaten.

Apel Gladi kesiapsiagaan bencana ini untuk membangun kerjasama dengan tim relawan dalam menghadapi kedaruratan bencana bertempat di halaman Gedung Mahligai Pemuda Kotabaru, kamis (7/12/2023).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah melalui Sekertaris BPBD Kotabaru Addenan, S.Sos, mengatakan,” digelarnya apel pasukan bersama tim relawan untuk meningkatkan profesional dalam penanganan bencana.

Tujuannya Agar bisa bekerjasama dengan tim relawan (BPK) untuk menangani dan meminimalisir terjadinya korban pada saat terjadi musibah.

“Semoga kegiatan ini terus ditingkatkan dan kerjasama bersama BPK yang ada di kabupaten Kotabaru,”harap Addenan.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kotabaru, Lathifu Arsyiono,S.STP menjelaskan, Usai apel kesiapsiagaan dilaksanakan bersama tim relawan dilanjutkan pelatihan terkait materi penanggulangan bencana.

Sebelum dilanjutkan pelatihan terlebih dahulu dilakukan penandatanganan Pernyataan Komitmen Bersama seluruh tim relawan (BPK KTB) dalam hal Penanganan bencana daerah khususnya kabupaten Kotabaru.

Dalam pelatihan ini dilakukan pendirian tenda darurat, apalagi memasuki musim penghujan yang nantinya terjadi banjir, jadi bersama tim relawan melakukan bagaimana cara menangani bila terjadi banjir.

Tujuannya, bagaimana sinergitas bersama pemerintah dan masyarakat dalam hal ini. Kegiatan latihan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kerjasama dan lebih profesional dalam penanganan bencana.

Perlu diketahui, letak geografis kabupaten Kotabaru luas, maka ada pembagian zona tim relawan tersebut yang harus segera mengambil tindakan apabila ada terjadi bencana.

“Pelatihan yang dilaksanakan akan terus ditingkatkan agar supaya dalam berkerjasama dengan (BPK KTB) se-kabupaten Kotabaru lebih baik,” pinta Lathifu.

Sementara Koordinator Tim Relawan Nafruddin menyampaikan,”banyak terimakasih kepada pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotabaru yang melaksanakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dalam penanganan bencana.

Baca Juga:  Tempat Wisata Pantai Lontar Utara Sangat Berbeda Dengan Destinasi Lain Di Kotabaru

Dengan kegiatan kami tim relawan sangat mendukung agar kebersamaan selama ini tidak berjalan dengan baik.

Kami mengucapkan kepada pihak badan penanggulangan bencana daerah yang merangkul (BPK KTB) dan bisa kembali dapat bekerjasama.

“Saya berharap, pelatihan terus dilakukan agar kebersamaan yang selama ini pudar kembali terpupuk,” pungkasnya.(wan/dam)

Dibaca 58 kali.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top