Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Kotabaru Kembali Dapatkan Prestasi Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2023

SUAKA – KOTABARU. Salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan, kian tersohor. Kabupaten di ujung Tenggara Kalsel ini, yakni kabupaten Kotabaru, kembali mendapat prestasi khususnya di kegiatan Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2023. Kabupaten Kotabaru memborong juara saat pengumuman pemenang, Senin (14/8/2023) kemarin.

Kepala Bidang Event Pertunjukan dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kotabaru, Rudi Nugraha mengatakan,” katagori juara diperoleh antara lain, Fashion Karnaval dengan tema “Magic From The Sea” meraih juara 3.

Pawai Budaya Mobil Hias dengan tema Estetika Balai Kampung Laut juara I, dan Pameran Kampung Banjar yang mengangkat tema Wisata Kampung Tambayangan Teluk Gosong meraih juara I.

Menurut Rudi beberapa yang dilombakan memiliki makna tersendiri. Seperti The Magic From The Sea, itu menggambarkan sosok anggun seorang Suku Nomaden yaitu Bajau Samah yang sering berpindah tempat di pesisir pulau laut.

Tambah Rudi,” Selain itu kemampuan menjadikan budaya laut sebagai identitas lokal dan mampu menginspirasi estetika yang dituangkan dalam desain kostum. Sementara pawai budaya mobil hias estetika balai kampung laut, terang Rudi menggambarkan tempat upacara adat di antaranya Selamatan Leut Suku Bajau Samah.

Yang mana bangunan dibuat di atas perahu – perahu nelayan yang sudah dirakit oleh warga masyarakat suku Bajau Samah, nantinya dimuati Sanro (kepala adat) yang punya kemampuan mengubah air laut di sekitar tempat ritual jadi berasa tawar, Katanya.

Bahkan Setiap pertunjukan kata Rudi kami selalu membawa nama Kotabaru dan kami menyiapkan yang terbaik,” pungkasnya. (dam)

Dibaca 38 kali.
Baca Juga:  Rapat DPP, Feri dan Helmi Pimpin PWO IN

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top