DPD PKBM Kotabaru Gelar Rapat Koordinasi PKBM Se-kabupaten Kotabaru

SUAKA – KOTABARU. Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKBM., Se-kabupaten Kotabaru.

Kegiatan Rapat Koordinasi digelar di pusat PKBM Manggala Siswa Kotabaru pada Kamis (10/8/2023) di jalan Brigjend Hasan Basri, Desa Semayap, Kecamatan Pulau Laut Utara, kabupaten Kotabaru, Kalsel.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri perwakilan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kabid Paud dan Dikmasy, Triono,S.pd.M.l.Kom bersama Yuliani,S.Pd Kasi Kurikulum PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru, Ketua Forum PKBM Syaifullah Halim dan seluruh Pengurus PKBM Se-kabupaten Kotabaru.

Triono menyampaikan beberapa hal dalam forum tersebut, PKBM sebagai Organisasi Layanan Pendidikan Nonformal akan hidup jika terdapat lima komponen penting.

“Kelima komponen yang dimaksud yaitu Kelembagaan, Warga Belajar, Pendidik (tutor), adanya Sapras, dan Kurikulum layanan Pendidikan,”ujar Triono.

Sementara itu,Yuliani bidang Kasi Kurikulum PNF menyampaikan, Dikbud bidang PNF (Pendidikan Nonformal) memiliki kewajiban untuk memberikan pembinaan maupun pengawasan dan berharap PKBM tidak menjadi penghasil Pembangunan SDM yang malpraktik, dalam arti tidak mengikuti Pembelajaran tapi mendapatkan Ijazah.

Terlebih, Kurikulum Merdeka sudah lama digaungkan, maka PKBM sebagai salah satu Satuan Pendidikan Nonformal juga wajib berbenah dan mengikuti perkembangan demi terwujudnya Layanan Pendidikan Kesetaraan yang diharapkan, terebih kelulusan Warga belajar sendiri ditentukan oleh Satuan Pendidikan masing-masing.

” PKBM Harus Siap belajar, berubah, bergerak, dan Berbagi,” Pinta yuliani

Ketua Forum PKBM Kabupaten Kotabaru Saifullah Halim mengatakan,Pada Rakor tersebut, ada beberapa hal pembahasan untuk di bahas demi kepentingan PKBM yakni mulai KurMer, ANBK, UK (Uji Kesetaraan), nilai raport Pendidikan, Upaya meningkatkan Kompetensi tutor, kesiapan lembaga yang mengikuti akreditasi dan visitasi, hingga rencana study tiru pada PKBM yang ada di Kalimantan Selatan.

Baca Juga:  Danrem 101/Antasari, TMMD ke 111 Wujud Sinergi Membangun Negeri

“Kami mengapresiasi dan berterimakasih atas kepedulian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru yang intens peduli dengan PKBM sebagai salah satu lembaga pejuang Pendidikan Kesetaraan
Pada Pendidikan Nonformal,”ucap Ifuk.

Tempat Sama, Sekertaris Forum PKBM Bagus Purnawiratama,S.Pd menambahkan,pada rakor DPD PKBM Se-kabupaten Kotabaru, masih saja ada absen dalam Rakor tersebut,dan kita berharap harus hadir semua PKBM.

Adapun PKBM yang hadir adalah PKBM Merah Putih, PKBM Manggala Siswa, PKBM Mitra, PKBM Ceria, Wianata Karya, Rumah Pintar Saijaan, PKBM Muzaki, Taman Firdaus, PKBM Oakbridge, Azka Bamega, SKB, PKBM Handayani, dan kami berharap PKBM yang masih absen dapat berhadir pada pertemuan rutin berikutnya.

” Demi mewujudkan Visi forum PKBM “Berkarya bersama Wujudkan Warga Belajar yang berbudi luhur, Cerdas, Terampil, Produktif, dan Mandiri melalui Pendidikan Nonformal,”tegas Bagus (wan/dam)

Dibaca 32 kali.

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top